Sabtu, 26 November 2011

GUA MASIGIT SELA



Salah satu tempat wisata ( wisata spiritual ? ) di Nusakambangan adalah Gua Masigit Sela.

Gua Masigit Sela tempatnya berada di sebuah tebing bagian barat Pulau Nusakambangan dan secara geografis masuk wilayah Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung laut Cilacap .

Karena bentuknya yang memang mirip sebuah ruang masjid, maka gua yang terletak di bagian barat Nusakambangan ini biasa disebut Masjid Batu. Tapi juga biasa disebut Masjid Sela. Tapi gua itu punya nama asli Gua Masigit Sela. Ruang di dalamnya melengkung mirip kubah masjid yang dihiasi banyak stalaktit. Apalagi di bagian barat terdapat celah kecil mirip ruang imam yang menghadap kiblat.

Menurut penjelasan orang sekitar , gua alam tersebut merupakan petilasan “Sunan Kalijaga” saat bertandang ke Nusakambangan. Namun ada juga masyarakat Ujungalang yang mempercayai  bahwa tempat itu merupakan petilasan “Mbah Jaga Laut “, yang konon katanya seorang wiratama dari kerajaan Mataram yang ditugasi untuk menjaga segara anakan dari gangguan para bajak laut. Dengan kata lain Mbah Jaga Laut olih   masyarakat Ujungalang  diyakini sebagai pelindung Kampung Laut.

Salah satu peninggalan “ Mbah Jaga Laut “ adalah jubah keramat yang kini katanya tersimpan ditempat yang namanya Pasuruhan  , yang dikenal sebagai “ Petilasan Mbah Jaga Laut “ dikampung Motean desa Ujungalang Kecamatan Kampung Laut.

Itulah sebabnya para wisatawan yang datang ke Gua Masigit Sela bermacam tujuannya . Ada  yang sekedar menikmati keindahan serta keunikan gua tersebut  dan ada juga yang bertujuan untuk berolah spiritual , bahkan ada yang dengan penuh keyakinan untuk ngalap berkah dari penunggu Gua Masigit Sela agar apa yang menjadi harapannya tercapai.

Sehingga janganlah kaget apabila anda berkunjung kegua tersebut didalam akan melihat gundukan bekas pembakaran kemenyan , aroma hio , atupun sisa2 bunga sesaji .

 

 

Keunikan Gua Masigit Sela

 

Sangat diakui kalau Gua Masigit Sela  memiliki berbagai keindahan stalaktit dan stalaknit.  Disisi kiri ruang dalam dari mulut gua.ada satu stalaknit yang sangat menawan. Stalaknit itu berwarna kuning keemasan yang berbentuk memanjang menyerupai sebuah kasur yang tergelar. Barangkali karena kemiripan kasur itulah, ada  orang yang menyebutnya sebagai kasur Nabi Sulaiman.
Tak jauh dari tempat itu terdapat sebuah stalaknit didekat sebuah mata air. Stalaknit itu membentuk cekungan berdiameter sekitar 30 cm dan mirip sebuah tempayan, sehingga stalaknit itu ada yang mengatakannya sebagai pedaringan punggawa , konon mata air itu sering digunakan untuk mandi para punggawa Aji Saka. 


Dibalik dinding batu yang memisahkan ruang pedaringan punggawa dengan ruangan lainnya terdapat sebuah tiang yang terbentuk oleh stalaktit dan stalaknit dengan lebar lingkar antara 60-75 cm. Konon tempat itu  sebagai tempat persemedian Aji Saka.  Bagi para  pengunjung bisa mencoba melingkarkan kedua tangannya ( memeluk )secara penuh  ketika memeluk tiang Aji Saka itu, menurut kepercayaan , maka keinganannya akan dikabulkan.
Memang ini merupakan hal yang sulit untuk dinalar, karena tidak semua orang yang memeluk tiang tsb tangannya akan sampai . Waktu penulis mengunjungi Gua tersebut, kami berenam. Lima orang laki2 dan satu perempuan yang potur tubuhnya lebih kecil , tapi aneh...pada waktu kami bergantian memeluk tiang tersebut hanya seorang yang berhasil memeluk secara penuh, yaitu yang perempuan.


                        
Gua Masigit Sela memang sudah berusia ratusan tahun , tapi sejak kapan digunakan sebagai obyek wisata spiritual tidak ada yang tahu secara pasti. Namun di Gua Masigit Sela ada prasasti  yang terpajang didekat mulut gua yang bisa dijadikan suatu bukti bahwa gua Masigit Sela sudah ramai dikunjungi orang sejak zaman Raja  Paku Buwono X.
Perkembangan jaman melaju dengan pesat , hingga dijaman yang modern seperti sekarang ini ternyata Gua Masigit Sela semakin juga dikenal banyak orang  . Bukan saja para turis domistik yang hanya sekedar ingin menikmati keindahan stalaktit dan stalaknit  digua tersebut , tapi juga para peziarah yang ingin ngalap berkah . Bahkan kata sumber yang ada disekitar Gua Masigit Sela ( juru kunci ? ) yang datang  termasuk juga sejumlah pejabat pada zaman kemerdekaan. . Konon katanya ,  para pejabat yang datang sangat berharap memperoleh jabatan yang enak dan terus menanjak karirnya.



        
     
Demikian sekilas info tentang Gua Masigit Sela dengan harapan akan sedikit memberi tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Dan bagi para pembaca yang penasaran dan ingin berkunjung kegua Masigit Sela , mau sekedar berwisata  , sekedar bersantai , ritual…, atau mau ngalap berkah , monggo dipersilahkan .
Untuk menuju ke objek wisata spiritual itu boleh dibilang mudah. Meski untuk bisa menjangkau kesana, harus menggunakan perahu dari Cilacap. Bisa menggunakan perahu carteran maupun menggunakan kapal  yang melayani trayek Cilacap Klaces / Kampung Laut  yang dalam satu hari ada 2 kali dan berangkat dari pelabuhan Sleko .
                      
                                                                                                                                                                                                       

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  2. Kalo tahu kuncinya dan tatacaranya langsung berhasil.
    Asal dengan niat yg kuat.
    Satu niat jgn bercabang
    Ingin mencoba hub aq 082123665357

    BalasHapus